Trik Cara Agar Kuota Internet Tidak Cepat Habis
Trik Cara Agar Kuota Internet Tidak Cepat Habis

Trik Cara Agar Kuota Internet Tidak Cepat Habis

Trik Cara Agar Kuota Internet Tidak Cepat Habis Internet zaman ini sudah menjadi hal yang sangat urgen dan krusial. Apalagi untuk Anda semua pengguna smartphone yang selalu update dengan media sosial, tentunya Anda selalu mengandalkan paket data unlimited yang ditawarkan dari provider internet tertentu.  Tetapi seringkali pemakaian kuota data internet berbanding terbalik dengan harganya. Semakin banyak dan cepat koneksi yang ditawarkan, semakin mahal pula harganya. Dan kebanyakan pengguna smartphone hanya tahu cara dasar untuk mengubah kuota paket data supaya tidak cepat habis sebelum masanya.

Berikut merupakan cara agar kuota internet tidak cepat habis atau bisa menghemat kuota paket data internet supaya Anda tidak menguras kuota untuk sesuatu yang tidak diperlukan.

1. Gunakan fitur Chrome “Data Saver” untuk browsing

Jika anda pengguna Chrome browser, maka kamu dapat memotong pemakaian kuota data dengan mengaktifkan fitur Data Saver. Untuk mengaktifkan fitur ini kamu bisa pergi ke menu Settings > Data Saver > ON. Fitur ini bakal mengompres data kamu sampai 50% untuk meminimalisir pemakaian data di HP Android kamu. Ini merupakan salah satu cara agar kuota internet tidak cepat habis dan bisa berhemat paket data yang kita gunakan.

Baca: 12 Aplikasi Translate Terbaik Untuk HP Android, Rekomendasi!

2. Pakai browser yang lebih efisien

Cara menghemat paket data internet ini bisa dilakukan melalui hal ini. Aplikasi browser default yang telah ada di smartphone Anda memang memiliki banyak kelebihan, tetapi ternyata menyedot data internet kita begitu besar. Cobalah unduh browser yang lebih tepat seperti seperti Opera Mini yang dapat menyimpan data kita secara primer dengan mengompres website yang kita kunjungi. Browser ini juga mempunyai fitur data-saving `video boost` dimana dapat mengurangi proses bufferdan dapat mengoptimalkan kualitas gambar tanpa perlu menyedot data internet yang besar. Bahkan, saat Anda memiliki banyak data atau memakai Wi-Fi, Opera Mini bakal mematikan fitur data-saving dimana Anda akan mendapatkan pengalaman browsing yang baik dan sempurna. Untuk mengakses opsi data-saving Opera Mini, sentuh `O` dibawah layar Opera Mini dan sentuh area dengan tulisan `Savings enabled`.

3. Non-aktifkan opsi sinkronisasi yang tidak diinginkan

Salah satu cara menghemat kuota data ialah menon-aktifkan akun yang mempunyai opsi sinkronisasi dan tidak anda pakai secara rutin. Untuk memulainya, kamu dapat masuk ke menu Settings > Accounts > pilih akun yang tidak hendak kamu sinkronisasikan. Hal ini bakal menghemat kuota data anda karena software tersebut tidak bakal secara otomatis tersambung ke internet.

4. Batasi pemakaian mobile data dan aktifkan peringatannya

Fitur data usage warning dan limit system yang built-in dapat dimanfaatkan untuk memberikan peringatan saat penggunaan data anda sudah melebihi batas. Untuk menggunakannya masuk ke Settings > Data usage > Celular data > Set cellular data limit. Tap untuk mengaktifkannya.

5. Batasi pemakaian data di background (Restrict Background Data)

Jika anda benar-benar merasa boros kuota data, salah satu teknik menghemat kouta ialah memberhentikan penggunaan data di background. Untuk membatasinya masuk ke menu Settings > Data Usage > Tap tiga garis vertikal di kanan atas > Restrict background data > OK. Hal ini bakal memotong software yang memakai data ketika mereka berjalan di background, tetapi kendalanya ialah notifikasi anda akan terlambat datang.

Baca: Inilah Perbedaan Jaringan 3G Dengan 4G LTE yang Perlu Diketahui

6. Indentifikasikan aplikasi yang menyedot kuota data

Cara agar kuota internet tidak cepat habis selanjutnya adalah hal ini. Untuk mengetahui software yang banyak menyedot data, kamu dapat kunjungi menu Settings > Data Usage, scroll ke bawah dan temukan daftar software yang memakan banyak data kamu. Solusinya anda bisa uninstall aplikasi tersebut lantas menggantinya dengan software baru yang lebih irit kuota data.

7. Batasi pemakaian data di setiap aplikasi

Opsi Android Data Usage bukanlah satu-satunya cara untuk memberi batas penggunaan data untuk suatu aplikasi. Beberapa software mempunyai opsi sinkronisasi dan pilihan datanya sendiri. Kamu dapat mengaksesnya melewati menu setting di software tersebut. Contohnya Google Photos, kamu dapat masuk ke Settings > Back Up & Sync untuk melihat opsi penghematan data.

8. Ubah fitur `Maps` kita ke mode offline

Anda tentu tidak sadar bahwa fitur Maps yang terdapat di smartphone Anda ternyata menghabiskan data internet Anda. Sayangnya, tidak sedikit pengguna smartphone yang tidak memikirkan bahwa sebetulnya Maps menggunakan layanan GPS yang ternyata menghabiskan data internet, terlebih bila Anda menggunakannya untuk layanan built-in navigation, turn-by-turn directions, melihat traffic secara real time atau melihat map dengan mode satellite. Baik dari dua fitur Maps yang terdapat di kedua perlengkapan iOS dan Android memiliki mode offline. Untuk Android, sentuh Search Bar di atas software Maps, geser terus kebawah hingga bertemu opsi `Save map to use offline` dan pilih pilihan save untuk beralih* ke mode offline. Untuk Apple, Anda hanya mengganti mode ke flight mode. Cara lain supaya tidak terganggu dengan fitur GPS yang ternyata menyedot data internet Anda ialah dengan menggunakan software dimana kita tetap menggunakan navigasi GPS dan turn-by-turn directions secara offline. Salah satu software yang paling banyak dipakai ialah CoPilot GPS app seharga US$ 7,99 atau sekitar Rp 104 ribu-an.

9. Batasi update software hanya jika terhubung dengan WiFi

Jika anda menggunakan software dari Google Play Store, maka HP anda akan meng-update secara otomatis software* yang terinstal di situ. Update yang ditawarkan software terkadang memakan kuota yang paling besar, hal ini tentu saja akan membuat boros kuota. Untu menangani urusan ini, kamu dapat aktifkan opsi Wifi only. Aplikasi akan meng-update datanya hanya pada ketika HP anda terkoneksi dengan WiFi. Untuk mengaktifkannya kamu dapat masuk ke Play Store dan pilih menu Settings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only.

10. Gunakan software `Mailbox` untuk keperluan email

Anda pastinya tahu bahwa saat menggunakan fitur email, mendownload dan mengunggah attachment dengan data yang besar bakal menyedot data internet Anda. Perlu diketahui juga, andai Anda membuka pesan email dari teman Anda ternyata juga tetap bakal menyedot data, meskipun tidak sebesar saat mengunduh atau mengunggah attachment. Para pengguna iOS dan Android tentunya bisa mengunduh software Mailbox dari Dropbox yang tersedia. Aplikasi ini pastinya akan membantu Anda untuk menyimpan data yang seharusnya tidak tersedot saat menggunakan email di software tetap smartphone Anda.

Nah itulah beberapa poin mengeni cara agar kuota internet tidak cepat habis atau cara menghemat paket data internetyang kita gunakan.