Tips Fotografi Menggunakan Smartphone Agar Hasil Seperti Fotografer
Tips Fotografi Menggunakan Smartphone Agar Hasil Seperti Fotografer

Tips Fotografi Menggunakan Smartphone Agar Hasil Seperti Fotografer

Tips Fotografi Menggunakan Smartphone Agar Hasil Seperti Fotografer – Handphone ialah alat yang tidak jarang selalu kita bawa kemana-kemana, tidak hanya karena kegunaannya sebagai perangkat komunikasi namun juga karena ia memiliki kemampuan ‘super’; GPS, perekam, organizer dan tak tertinggal yakni kamera. Dengan terus bertambahnya kemampuan kamera handphone (megapiksel, kualitas lensa dan adanya flash), frekuensi dan jumlah pemakainya juga semakin banyak. Sayangnya, hasil potret menggunakan kamera ini masih tetap terbatas. Bukan semata karena kualitas kamera namun juga mungkin karena teknik ang kita menggunakannya.

Berikut ini merupakan tips fotografi menggunakan smartphone agar hasil seperti fotografer yang dapat digunakan untuk memaksimalkan kualitas potret dari kamera handphone.

Jangan pakai zoom, mendekatlah ke obyek foto

Kamera handphone cendrung memperkecil obyek foto, jadi selalu usahakan supaya anda memotret dari jarak yang lumayan sehingga keseluruhan obyek dapat memenuhi frame tanpa mesti memggunakan zoom. Zoom bakal menurunkan resolusi foto kamu secara keseluruhan dan membuat jepretan tidak tajam.

Baca: Cara Mengubah Jaringan Android dari E ke H atau H+ (Plus)

Menggunakan focus manual

Ini memang yang cukup sering dilewatkaan oleh pengguna smartphone, memang ini ialah cara sepele tetapi berdampak besar, memakai autofocus memang dapat memfokuskan kamera pada suatu titik, namun dengan menggunakan autofocus maka titik-titik tersebut kurang sempurna. Dan andai kita memakai manual focus, maka saya dan anda bisa menilai titik fokus kamera, sampai-sampai nilai dari seni foto yang akan anda ambil bisa lebih baik, dan hasilnya pasti akan lebih sempurna sebab secara tekhnis, anda paham betul mana yang akan anda jadikan titik fokus, sementara pada autofocus, mereka selalu mendeteksi sesuai dengan program yang berjalan.

Tips Fotografi Menggunakan Smartphone Agar Hasil Seperti Fotografer
Tips Fotografi Menggunakan Smartphone Agar Hasil Seperti Fotografer

Pencahayaan

Cara selnajutnya untuk tips fotografi menggunakan smartphone agar hasil seperti fotografer yakni cahaya. Cahaya adalah salah satu hal terpenting dalam fotografi, pastikan saya dan anda bisa mengatur cahaya sesuai dengan kemauan kita, dan andai perlu, sumber cahaya lebih dari satu sumber, namun ini juga tergantung bagaimana kita hendak mengambil foto kita, seperti memang lebih baik memakai satu sumber cahaya, itu bukanlah masalah yang penting saya dan anda bisa mengaturnya supaya foto keliatan menarik. Dan yang sangat penting anda harus menemukan sumber cahaya baik alami atau buatan di belakang kita ketika memfoto suatu* object.

Sebisa Mungkin hindari Flash

Jika kita mengambil gambar, sebisa mungkin hindari pemakaian flash, sebab flash biasanya berdampak negatif pada warna gambar yang anda ambil, dan akan menciptakan gambar menjadi putih terang, dan warna latar belakang baka* hilang, nah jika bisa carilah cahaya alami sebisa mungkin atau pakai pencahayaan buatan. Sebuah trik yang baik untuk saat kita tidak memiliki lumayan cahaya alami ialah menempatkan sepotong kecil pita cokelat di atas flash LED. Ini bertindak sebagai diffuser memperoleh gambar yang lebih lembut.

Posisi mengambil foto

Biasanya ini tantangan kita mendapatkan foto yang bagus dan baik, saat kita mengambil sebuah foto, posisi kita selalu seperti itu saja, selalu berada di depan object foto, nah usahakanlah untuk mengerjakan hal-hal yang beda, seperti dengan berjongkok, atau anda tergeletak di tanah untuk mengambil gambar lebih baik, atau dengan menggunakan kursi lalu anda mengambil foto lebih tinggi dari object, lakukanlah hal-hal tersebut yang berbeda, dan lihat hasil dari perbedaan posisi kita mengambil gambar.

Baca: Cara Mengubah Jaringan Edge Menjadi 3G atau 4G LTE

Mengambil foto dari atas

Kemudian cara selanjutnya terkait tips fotografi menggunakan smartphone agar hasil seperti fotografer adalah dengan mengambil foto dari atas ini, adalah salah satu teknik yang dapat digunakan saat melakukan selfie, memang kebanyakan alay-alay melakukan tekhnik mengamil foto dari atas, tetapi disni yang dimaksud tidak seperti alay, karena alay mengambil foto dari atas dan mereka menudukan kepala, disni kita tidak perlu menundukan kepala, kita cukup memposisikan kamera tepat diatas mata kita dengan mata kita mengahadap pada layar kamera tersebut.

Tips Fotografi Menggunakan Smartphone Agar Hasil Seperti Fotografer
Tips Fotografi Menggunakan Smartphone Agar Hasil Seperti Fotografer

Pegang handphone se-stabil mungkin

Semakin stabil kamera semakin bagus mengambil foto kita. Jadi usahakan selalu supaya tangan anda tenang saat mengambil foto. Jika perlu, manfaatkan benda yang lebih stabil sebagai sandaran, contohnya pohon atau tembok sehingga dapat membantu kestabilan tangan.

Gunakan kedua tangan

Banyak dari kita saat melakukan pengambilan foto hanya memakai satu tangan, ini dapat mengganggu hasil potret karena saat dengan memakai satu tangan, biasanya tidak sedikit getaran-getaran dan tidak bakal stabil, sampai-sampai hasil gambar bakal menjadi buram, berbeda ketika kita memakai kedua tangan anda untuk mengambil gambar, sebab kita bakal lebih powerful menggengam smartphone kita sehingga kamera bakal lebih stabil. Selain akan lebih stabil, fokus kamera juga akan lebih meningkat, dan perlu di ingat, andai kita berkeinginan melakukan beberapa kali foto, lebih baik anda istirahatkan tangan kita beberapa saat, jangan langsung mengambil terus menerus, sebab menghindari keletihan pada lengan kita, sampai-sampai lengan anda akan gemetar dan menghasilkan foto yang buram.

Baca tips tentang komposisi

Pengetahuan mengenai komposisi yang bagus akan membantu kita memotret dengan lebih baik. Cobalah baca tips komposisi singkat ini. Namun tidak boleh terpaku, seperti kata para fotografer tenar bahwa dalam aturan pertama dalam fotografi ialah tidak terdapataturan,  yang ada ialah seler.

Pilih resolusi tertinggi

Hal ini cukup penting untuk cara menghasilkan fotografi dengan hasil seperti Fotografer. Cara selanjutnya terkait tips fotografi menggunakan smartphone agar hasil seperti fotografer adalah Resolusi tertinggi, hal ini berarti foto yang didapatkan mempunyai detail lebih banyak dan dapat dicetak lebih besar. Jika kamera memberi opsi resolusi, pilihlah resolusi tertinggi. Juga resolusi tinggi juga berarti ukuran file yang lebih besar, ini menjadi pertimbangan untuk pemilik handphone dengan kapasitas memory terbatas atau misalnya foto akan dikirim maka akan memerlukan waktu transfer lebih lama.

Pastikan lensa selalu bersih

Sebaik apapun anda memotret dan sebagus apapun obyek foto tapi andai lensa anda kotor maka hasilnya tentulah jelek hasilnya. Mengingat handphone anda lama berada di kantong maka kotoran kelamaan bakal menempel di lensa kamera, oleh karena itu secara rutin bersihkan lensa dari kotoran. Gunakan kain lembut untuk membersihkan, tak butuh cairan apapun. Jika terkena minyak, gunakan cairan pembersih LCD atau kacamata.

Kenali waktu jeda shutter

Kamera handphone mempunyai apa yang disebut shutter lag, yaitu waktu jeda antara ketika kita memencet dan ketika kamera mulai mengambil foto. Tidak seperti kamera DSLR yang secepat kilat mengambil foto setelah anda memencet eksposur, handphone cukup lelet. Kenali waktu jeda ini dengan baik agar tangan anda masih tenang sesaat sesudah kita menekan shutter.

Baca: Tips Fotografi Menggunakan Smartphone Agar Hasil Seperti Fotografer

Pahami Shutter Speed

Terkadang kita tidak paham dalam pemakaian shutter speed ini, sampai-sampai settingan anda tidak pas, saat harusnya menggunakan fast shutter speed, kita pakai slow shutter speed, nah disni anda harus benar-benar memerhatikan antara fast shutter speed dan slow shutter speed. Shutter speed sendir ialah lamanya waktu sensor kamera terkena cahaya. Jadi Fast shutter speed dapat mengambil gambar seakan-akan waktu berhenti, dengan pixel yang lebih detail serta lebih fokus, seperti saat kita sedang melompat, seakan-akan kita seperti terbang, sementara Slow shutter speed ialah memperlambat gerakan, ini paling baik di pakai ketika malam hari untuk memfoto-foto jalan semisalnya, tergantung kreasi kita.

Tips Fotografi Menggunakan Smartphone Agar Hasil Seperti Fotografer
Tips Fotografi Menggunakan Smartphone Agar Hasil Seperti Fotografer

Gunakan ISO

ISO ialah tingkat sensitivitas kamera terhadap cahaya yang tersedia. Jadi semakin rendah anaka ISO maka bakal* semakin kamera tidak sensitif mengambil cahaya, namun semakin tinggi ISO maka kamera bakal semakin sensitif terhadap cahaya, dan kita dapat menggunakanya saat dalam suasana gelap, namun semkin ISO tinggi gambar yang bakal di hasilkan bakal menjadi lebih kasar. Sedangkan untuk ISO yang lebih rendah, maka gambar yang di hasilkan bakal lebih tajam.

Panorma

Mode ini sangat sesuai ketika kita pakai untuk memfoto suatu pemandangan alam, seperti pegunungan atau lautan, dengan mode ini kita mengambil foto yang sangat luas dalam satu gambar, namun tidak seluruh smartphone mempunyai mode ini, namun ada software pihak ketiga yang menyediakan layanan panorama.

Pilih Aplikasi Edit Foto yang Bagus

Nah ini juga tak kalah penting, tips fotografi menggunakan smartphone agar hasil seperti fotografer adalah Handphone memiliki beberapa fitur pengolahan foto bawaan yang cukup menarik. Cobalah pilih aplikasi edit foto yang berkualitas bagus sehingga memudahkan kita melakukan editing penting.

Foto sesering mungkin

Kita harus bersyukur hidup di zaman digital sehingga berapapun anda memotret, kamu tidak perlu membayar ongkos ekstra. Bayangkan bila anda memotret menggunakan film, berapa roll yang harus dibeli? Karena itu, tidak boleh sungkan dan ragu, potretlah sebanyak dan sesering mungkin sampai memory di handphone kamu penuh, semakin semakin banyak kita memotret, semakin tidak sedikit pula hasil yang bagus.

Beri efek filter yang pas, tidak boleh berlebihan

Sebenarnya ini subjektif sih, tetapi menurut kebanyakan orang bila di foto sudah terlalu banyak difilter, hasilnya justru jadi tidak bagus. Editlah dengan tujuan utama agar memperkuat kesan foto, bukan untuk menghiasnya. Jika kamu menggunakan aplikas edit foto yang bagus seperti poin di atas, cukup sesuaikan kontras, vignette, crop dan tambahkan mood yang membantu fotomu tampak lebih keren tanpa berkesan diber filter berlebihan.

Itulah beberapa poin terkait mengenai tips fotografi menggunakan smartphone agar hasil seperti fotograferanda dapat mencobanya. Semoga bermanfaat.