Perbedaan Jaringan 3G Dengan 4G LTE
Perbedaan Jaringan 3G Dengan 4G LTE

Perbedaan Jaringan 3G Dengan 4G LTE (H, H+ dan 4G)

Perbedaan Jaringan 3G Dengan 4G – Saat ini dalam perkembangan teknologi, terutama jaringan intenet pastinya tidak dapat lepas dari jaringan 3G vs 4G. Teknologi 3G sekarang ini menjadi koneksi terbaik dunia ketika mendatangi ponsel, terutama ponsel dan internet. Secara umum, teknologi baru harus memenuhi standar beli masyarakat yang akan membandingkannya dengan teknologi sebelumnya. Dengan hadirnya 4G, yang menggantikan sistem jaringan komunikasi 3G, keputusan masih bergulat pada pemakai smartphone di seluruh dunia.  Dasar jaringan 3G didirikan untuk mengikuti pedoman awal yang diputuskan oleh International Telecommunication Union (ITU).

Demikian pula, jaringan 4G yang konon memakai pedoman referensi yang sama juga, tetapi itu tidak berarti bahwa tidak terdapat perbedaan antara keduanya. Meskipun mayoritas versi mencoba menggunakan semua arahan dari International Telecommunication Union (ITU)yang mungkin dapat memenuhi teknologi baru ini, tetapi tidak benar-benar terdapatpedoman sah diterima untuk jaringan 4G. Itu berarti bahwa fitur yang kita bahas masih sebagian besar pada spesifikasi terhadap sekian banyak penyedia layanan. Dalam urusan kualitas pemahaman panggilan dan kecepatan transfer data, ada beberapa fitur dasar hadir yang masing-masing harus dipertimbangkan.

Ini tergolong band frekuensi, bandwidth, data rate, akses, FEC, switching dan kecepatan puncak. Sekilas mengenai kecepatan akses internet, ada keserupaan yang mengejutkan dan keterbatasan pada jaringan 4G dikomparasikan dengan 3G. Teknologi 3G vs 4G ini mempunyai kesinambungan, di mana 3G adalah singkatan dari 3rd generation (generasi ke-3) yang merupakan jalur perubahan industri pada telepon seluler. Sedangkan 4G yang adalah singkatan dari 4th generation (generasi ke 4) merupakan satu set standar yang sedang dikembangkan sebagai penerus masa mendatang 3G dalam waktu dekat. Tetapi apakah perbedaan antara teknologi 3G vs 4G ini? Berikut ini akan dijelaskan mengenai perbedaan keduanya.

Baca: Trik Cara Agar Kuota Internet Tidak Cepat Habis

Penggunaan Teknologi 3G vs 4G

Perbedaan jaringan 3G dengan 4G kita mulai dari urusan penggunaan, teknologi 3G lebih banyak penggunanya apabila dibandingka dengan pengguna 4G terutama di Indonesia. Apalagi di Indonesia sendiri pengembangan teknologi 4G belum dimaksimalkan. Sebenarnya, hal yang menjadi perbedaan terbesar antara 3G vs 4G terletak pada keberadaan teknologi yang sesuai. Ada sekelompok teknologi yang jatuh di bawah 3G, misalnya WCDMA, EV-DO dan HSPA. Meskipun banyak perusahaan ponsel dengan cepat menjuluki produk mereka sebagai teknologi 4G, seperti LTE, WiMax dan UMB, tetapi tidak satupun yang benar-benar cocok dengan spesifikasi yang diterapkan oleh standar 4G. Teknologi ini sering disebut sebagai Pre-4G atau 3.9G.

Kecepatan 3G vs 4G

Jika anda berpacu pada singkatan dari 3G vs 4G sendiri, kita mungkin dapat menyimpulkan sendiri bahwa 4G lebih canggih dan lebih baik dikomparasikan dengan 3G. Umumnya, kecepatan maksimal yang dikeluarkan 3G sekarang ini adalah sekitar 14Mbps downlink dan uplink 5,8Mbps. Agar dapat memenuhi syarat sebagai teknologi 4G, kecepatan sampai 100Mbps mesti dijangkau pengguna mobile dan 1Gbps untuk pengguna stasioner. Tetapi sejauh ini, kecepatan itu hanya dapat dijangkau dengan kabel LAN. Dan ini salah satu yang menjadi perbedaan jaringan 3G dengan 4G yang paling cukup menonjol.

Desain Paket Data

Teknologi 3G memakai kombinasi dari desain sirkuit dan desain paket. Pada versi tertua, desain sirkuit dapatmemegang koneksi untuk jangka waktu jauh lebih lama. Untuk panggilan sederhana tidak terdapat masalah, tetapi penggunaan Internet membutuhkan implementasi dari rancangan paket. Bahkan, opsi paket paling penting untuk penggunaan internet pada setiap style telepon. Karena teknologi 3G membuat penggunaan kedua, maka paling bermanfaat untuk pelanggan dengan mempunyai paket panggilan tercepat walaupun sedang men-download data. Sedangkan jaringan 4G konsentrasi pada desain paket hanya secara substansial menambah teknologi data transfer, namun tidak dapat menawarkan tingkat kualitas layanan yang sama.

Baca: 12 Aplikasi Translate Terbaik Untuk HP Android, Rekomendasi!

Jaringan Paket Switcing

3G merupakan gabungan dari sirkuit dan jaringan paket switching, sedangkan 4G hanya berupa jaringan paket switching saja. Perubahan kunci beda dalam 4G yakni tidak menggunakannya switching circuit. Teknologi 3G memakai hibrida dari circuit switching dan packet switching. Circuit switching adalah teknologi yang paling tua yang dipakai dalam sistem telepon untuk waktu yang sangat lama. Kelemahan teknologi ialah terikatnya sumber daya selama koneksi terus digunakan. Sedangkat packet switching adalah teknologi yang sangat lazim dalam jaringan komputer tapi sekarang muncul di dunia teknologi ponsel juga. Dengan packet switching, sumber daya hanya dipakai ketika terdapat informasi yang perlu dikirim, hingga efisiensi packet switching memungkinkan perusahaan ponsel untuk meminimalkan pembicaraan lebih ke dalam bandwidth yang sama. Teknologi 4G ini tidak bakal lagi menggunakan circuit switching bahkan untuk panggilan suara dan panggilan video. Semua informasi yang dilewatkan akan dipindahkan untuk menambah efisiensi.

Intinya, teknologi 4G ialah peningkatan dari teknologi 3G. Tidak dapat dihindari bahwa semua peneliti dan developer akan menciptakan cara yang lebih cepat, lebih stabil mentransfer data ke dan dari perlengkapan nirkabel. Tidak terdapat teknologi yang akan berhasil secara pasti, namun sebagai perangkat dengan kemmpuan yang mengesankan, mereka akan memerlukan jaringan yang bisa mentransfer data dalam jumlah besar.

Nah itulah sedikit ulasan mengenai perbedaan jaringan 3G dengan 4G yang mungkin saja kamu belum mengetahu banyak tentang dua jenis koneksi jaringan tersebut.