Ciri-ciri Komputer Terserang Virus
Ciri-ciri Komputer Terserang Virus

Inilah Ciri-ciri Komputer Terserang Virus yang Perlu Kamu Ketahui

Inilah Ciri-ciri Komputer Terserang Virus – Salah satu resiko yang tidak bisa dihindari apabila komputer sudah terhubung dengan perangkat media penyimpanan eksternal dan koneksi jaringan baik (internet) publik atau lokal adalah terserang virus. Dengan adanya virus ini tentu membuat penggunanya menjadi resah dan bisa mengancam terhadap file-file yang ada di hardisk atau bahkan merusak file tertentu.

Virus hadir memiliki tujuan tertentu dan tujuan dari virus tersebut merusak sistem pada komputer sesuai dengan jenis-jenisnya, seperti Worm, Trojan, dan lain sebagainya.

1. Virus dapat menggandakan diri dalam arti jika komputer kita terkena virus maka virus tersebut tidak hanya diam , dia bisa menggandakan dirinya berkali2 lipat dan menyebar ke setiap dokumen dan drive yang kita miliki maka itu kita harus tahu Ciri-ciri komputer yang terkena Virus.

2. Virus memakan banyak Memory nah jika kamu merasa bahwa komputer lambat coba cek penggunaan memory mana tau virus membuat penggunaan memory semakin besar dan bukan hanya itu virus dapat membuat penggunaan harddisk semakin bertambah bahkan sampai bergiga bytes.

3. Virus dapat membuat Data anda hilang dengan mudah jika kamu mendapatkan komputer kehilangan data padahal tidak pernah dihapus bisa jadi Virus yang menyembunyikan atau menghapus file tersebut.

Ciri-ciri Komputer Terserang Virus

1. Proses Startup Sistem Operasi Mulai Melambat

Lambatnya Startup, bukan hanya terjadi jika komputer terserang virus. Namun Hal ini, Sangat berpengaruh terhadap “performa hardisk“. Jika Hardisk mengalami terjadinya “Badsector”, maka proses kerja hardisk terganggu sehingga mmembutuhkan waktu yang cukup lama jika menjalankan program.

2. Kapasitas hardisk berkurang secara drastis tanpa adanya data

Kapasitas Hardisk berkurang, dimaksudkan Hardisk tidak terlalu banyak menyimpan data. Namun hardisk sudah tidak dapat di isikan data maupun dokument.

3. Muncul pesan “error”.

Pesan Error, yaitu seperti menculnya perintah ”DON’T SEND”.

4. Komputer sering mati tiba-tiba atau hank

Komputer yang mengalami mati secara mendadak atau tiba-tiba, padahal komputer menjalankan perintah seperti biasa. Namun komputer secara mendadak akan mengalami restart selalu maupun mengalami hank.

Baca: Cara Mengatasi Komputer Mati Tiba-Tiba

5. Munculnya file-file aneh yang tidak pernah ada sebelumnya patut dicurigakan bahwa itu Virus sebaiknya hapus file tersebut.

6. Tidak bisa membuka Task Manager terkadang kita jumpai komputer yang tidak bisa membuka task manager padahal fitur tersebut sangat bermanfaat tetapi tetap ingat mana tau yang punya komputer sengaja tidak memberikan izin untuk orang lain membuka task manager

7. Seringnya terlihat file yang duplikat dalam arti file tersebut memiliki jenis yang baru misalnya penambahan .exe

8. Harddisk atau Drive tidak bisa dibuka atau di akses seperti biasanya

9 Aplikasi sering tidak berjalan semestinya atau sering mengalami not responding

Itulah ciri-ciri komputer terserang virus secara umum yang biasanya terjadi. Perlu diperhatikan, bagi pengguna komputer untuk tidak sembarangan memasukan flashdisk atau hardisk eksternal. Hal ini salah satu media penyebab virus masuk ke komputer dan juga untuk tidak sembarangan mengunduh file-file yang mencurigakan, sebab jaringan publik (internet) merupakan media terbesar penyumbang terjadinya komputer terserang virus.