Fungsi Perintah Command Prompt | Pixabay.com

10 Daftar Fungsi Perintah Command Prompt (CMD)

Fungsi Perintah Command Prompt – Command prompt atau lebih dikenal dengan CMD ini lebih dikenal dengan tugasnya untuk mengecek koneksi jaringan atau adanya trouble dalam jaringan. Mungkin sebagian diantara kita mengenal dengan CMD, hanya saja mereka menggunakan CMD hanya untuk mengecek koneksi jaringan dengan perintah ping.

Sebenarnya fungsi CMD bukan hanya untuk ping saja yang digunakan untuk mengirim ICMP echo request packets ke tujuan. Melainkan Anda dapat menfaatkan CMD ini untuk mengetahui terjadinya malasah seperti hardisk bad sector, memperbaiki hardisk bad sector (soft bad sector), melihat bahwa Windows yang Anda gunakan sudah diaktivasi atau belum dan masih banyak lagi.

Bagaimana tertarikah Anda untuk mengetahui atau ingin bermain dengan perintah command prompt yang lebih selain dari perintah ping?. Oke, langsung saja Anda simak dengan baik perintah command prompt dibawah ini.

Fungsi Perintah Command Prompt – Bermain Dengan CMD

#1. Mengecek Kondisi Hardisk

Untuk mengetahui kondisi hardisk baik-baik saja atau mungkin terjadinya bad sector, Anda dapat melakukan pengecekan dengan menggunakan perintah command prompt wmic diskdrive get status.

#2. Memperbaiki Hardisk Bad Sector

Setelah mengecek hardisk apakah bad sector atau tidak, pastinya ada langkah cara untuk mengatasi atau memperbaiki hardisk yang bad sector tersebut. Untuk memperbaiki error checking pada hardisk yang mengalami bad sector Anda dapat menjalankan perintah command prompt chkdsk /r /f e:. Untuk mengetahui lebih jelasnya.

#3. Cara Memberhentikan Paksa Aplikasi

Cara ini bertujuan untuk memberhentikan secara paksa aplikasi yang tidak bekerja sama sekali tau not responding. Salah satu cara memberhentikan aplikasi dapat menggunakan CMD, selain itu juga dapat dilakukan dengan task manager.

Namun, terkadang ada beberapa pengguna yang task manager-nya yang ter-disable. Sebagai alternatifnya dengan menggunakan CMD. Untuk mengetahui lebih jelasnya dan perintah yang digunakan, Anda dapat membacanya melalui link dibawah ini.

#4. Menyembunyikan File

Cara menyembunyikan file memang dapat dilakukan dengan hidden folder. Namun, cara ini terlalu umum untuk diketahui banyak orang. Apalagi Anda menyembunyikan data yang sangat penting, pastinya mudah diketahui apabila menggunakan hidden folder.

Nah bagi Anda yang belum tau menyembunyikan file dengan CMD. Anda dapat menjalankannya dengan perintah command prompt attrib +s +h E:\CAPCOM.Untuk mengetahui lebih jelasnya, Anda dapat membacanya melalui link dibawah ini.

#5. Cara Mematikan Komputer Dengan CMD

Asing bukan? Ya.. dengan cara ini Anda dapat mematikan atau restart komputer secara normal. Dan bagi Anda yang suka iseng mematikan komputer teman Anda. Anda dapat juga menggunakan CMD ini. Hanya saja, wajib adanya koneksi jaringan. Untuk perintah command prompt-nya shutdown  i -m. Untuk mengetahui lebih lanjut langkah-langkahnya Anda dapat membukanya melalui link dibawah ini.

#6. Melihat Windows Yang Sudah Diaktivasi Atau Belum

Untuk memastikan Windows Anda sudah diaktifasi atau belum. Anda dapat menggunakan CMD dengan perintah command prompt seperti ini, slmgr /dlv. Untuk mengetahui pasti langkah-langkahnya, Anda dapat membukanya melalui link dibawah ini.

#7. Cara Mengecek Kondisi Baterai Laptop

Kondisi baterai juga bisa kita perhatikan, mulai dari ketahanan baterai  dan juga yang lainnya. Untuk mengetahui perintah command prompt seperti ini, powercfg energy. Untuk mengetahui pasti langkah-langkahnya, Anda dapat membukanya melalui link dibawah ini.

Baca : Cara Mengecek Kondisi Baterai Laptop

#8. Cara Melihat Mac Address Pada Komputer

Dalam perangkat jaringan pada komputer yang terhubung dengan internet akan memiliki sebuah kode unik untuk mengidentifikasi perangkat tersebut atau disebut dengan Mac address. Setiap komputer pastinya akan memiliki Mac address yang berbeda.

Untuk mengetahui perintah command prompt seperti ini, ipconfig/all.

#9. Cara Mengetahui Kapan Windows Terakhir Diinstall

Untuk mengetahui perintah command prompt seperti ini, Systeminfo | find /i “install date” (tanda petik jangan dihapus). Untuk mengetahui pasti langkah-langkahnya.

#10. Cara Membuat Laptop Menjadi Wifi Tanpa Software

Untuk mengetahui perintah command prompt seperti ini, netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=namassidanda key=passwordanda. Untuk mengetahui pasti langkah-langkahnya, Anda dapat membukanya melalui link dibawah ini.

Baca : Cara Membuat Laptop Menjadi Wifi Tanpa Software

Itulah daftar fungsi perintah CMD (command prompt) yang bisa anda manfaatkan. Tentunya ada banyak perintah yang lainnya yang bisa anda manfaatkan pada fitur ini. Semoga bermanfaat dan menambah referensi untuk anda.