Cara Mengatasi Masalah Reboot And Select Proper Boot Device
Cara Mengatasi Masalah Reboot And Select Proper Boot Device | answers.microsoft.com

Cara Mengatasi Masalah Reboot And Select Proper Boot Device

Cara Mengatasi Masalah Reboot And Select Proper Boot Device – Bagi temen-temen yang mengalami munculnya tulisan “Reboot And Select Proper Boot Device or Insert Boot Media In Selected Boot Device And Press Any Key” ketika baru saja menghidupkan komputer atau pada saat ketika komputer ingin melakukan booting namun gagal dan muncul tulisan tersebut, kamu tidak perlu bingung atau memustkan untuk membawa komputer ke jasa service komputer. Jadi kamu bisa melakukan beberapa cara dibawah ini dengan sendiri, hitung-hitung agar hemat uang yang di dompet, kan lumayan…

Maksud pesan error Reboot And Select Proper Boot Device ini dikarenakan terjadinya kegagalan atau kesalahan terhadapa hardisk komputer tersebut, sehingga proses booting gagal terjadi dan akan muncul secara otomatis pesan error tersebut. Lalu bagaimana cara mengatasinya? berikut caranya dibawah ini:

Cara Mengatasi Masalah Reboot And Select Proper Boot Device
Cara Mengatasi Pesan Error Reboot And Select Proper Boot Device | answers.microsoft.com

1. Pastikan pada pengaturan BIOS pada hardisk

Kamu bisa mengecek terlebih dahulu di pengaturan BIOS dengan menekan tombol F2 atau Delete untuk memastikan bahwa hardisk terdeteksi dan hardisk pada posisi paling atas pada menu bagian boot.

2. Bersihkan Hardisk

Lakukan pembersihan di bagian terminal pada hardisk, anda bisa menggunakan kuas kecil untuk membersihkannya dan hindari membersihkan hardisk dengan mengusapkan jari-jari tangan dengan kuningan terminal tersebut.

3. Periksa kabel SATA/IDE

Kemudian, kamu bisa mengecek kabel SATA/IDE yang mengubungkan antara motherboard dengan hardisk dan pastikan kabel dalam keadaan terhubung dengan baik. Kamu bisa juga untuk membersihkan pada ujung konektor kabel SATA/IDE.

Baca: Cara Memperbaiki Komputer yang Restart Tiba-Tiba

Itulah langkah cara mengatasi masalah Reboot And Select Proper Boot Device yang bisa kamu coba. Namun apabila masih belum berhasil juga coba lakukan pertukaran/percobaan terhadap hardisk atau kabel SATA pada komputer lain yang berjalan dengan normal untuk dicoba di komputer yang bermasalah ini, langkah ini kamu lakukan sebelum kamu memutuskan untuk membawa komputer ke tempat service komputer. nah itulah, Semoga bermanfaat dan bisa mengatasi masalah yang terjadi pada komputer kamu.