Cara Mengatasi Limited Access Pada Icon Jaringan Di Komputer
Cara Mengatasi Limited Access Pada Icon Jaringan Di Komputer

Cara Mengatasi Limited Access Pada Icon Jaringan Di Komputer

Cara Mengatasi Limited Access Pada Icon Jaringan – Bagi anda yang mengalami gagal dalam menghubungkan komputer ke dalam jaringan/internet dan muncul notifikasi tanda seru kuning di icon jaringan pada toolbar ujung bawah layar komputer kita, hal ini sebenarnya cukup sederhana saja. Namun, jika kita tdak mengetahui langkahnya, akan cukup bingung juga. mengatasi limited access pada komputer.

Nah, berbicara internet tak lepas adanya berbagai macam permasalahan, terutama pada masalah seperti ini, muncul tulisan limited access dengan tanda seru warna kuning yang terdapat pada ikon jaringan. Hal ini tentunya Anda tidak dapat terkoneksi dengan internet, akan tetapi mengapa komputer lain dapat mengakses internet?

Tentu kita akan terfokus pada koneksi internet yang ada pada PC/Laptop kita. Umumnya hal ini identik dengan Firewall apabila kita ingin berkomunikasi dengan host yang lain dalam satu jaringan dan juga disebabkan yang lainnya. Untuk mengetahui langkah cara mengatasi limited access pada icon jaringan berikut dibawah ini.

Cara Mengatasi Limited Access Pada Icon Jaringan Di Komputer

#1. Pastikan Firewall dalam keadaan Off

Ini selalu menjadi perhatian dalam terhubung jaringan untuk melakukan komunikasi antar-host, misalnya saja untuk sharing data dengan layanan add hoc yang mengharuskan pengguna komputer untuk mematikan firewall komputer.

#2. Disable LAN/WiFi kemudian Enable-kan kembali

Jika sudah melakukan perintah diatas dengan mematikan firewall, dan hasilnya tetap sama saja, tidak dapat mengakses internet. Nah, untuk masalah tersebut yang perlu Anda lakukan hanya mematikan (Disable) adaptop LAN/WiFi kemudian Aktifkan (Enable) kembali. Lalu coba lihat ikon jaringan pada komputer Anda yang tentunya tidak muncul limited internet alias internet dapat digunakan (Internet access), tetapi ini membutuhkan beberapa detik untuk berubahnya ikon jaringan dari Intenet Limited ke Internet Access.

#3. Tentukan IP, Menggunakan DHCP atau Statis

Nah, untuk ini saya harap Anda memahaminya. Tentukan settingan IP yang Anda gunakan, jika Anda menggunakan WiFi, sudah identik dengan DHCP, namun jika menggunakan koneksi kabel sudah identik dengan Statis. Jika anda menggunakan WiFi, hal ini kemungkinan sering akan terjadi “IP konflik”, jadi misalnya komputer agan menggunakan setinggan IP statis, ketika agan belum menyalakan komputer atau komputer belum terhubung jaringan, IP statis milik komputer agan digunakan pada perangkat lain yang menggunakan setinggan IP dinamik (DHCP), jadi ketika agan mengghidupkan kompuer dan menghubungkannya ke dalam jaringan, maka akan terjadi bentrok IP tersebut yang memungkinkan terjadinya notifikasi limited access pada komputer agan.

Cukup mudah bukan?. Itulah langkah-langkah untuk cara mengatasi limited access di komputer kita agar komputer dapat terhubung kedalam jaringan. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi solusi untuk agan.