Cara Mengatasi Komputer Mati Tiba-Tiba
Cara Mengatasi Komputer Mati Tiba-Tiba

Cara Mengatasi Komputer Mati Tiba-Tiba

Cara Mengatasi Komputer Mati Tiba-Tiba – Komputer atau laptop kamu akhir-akhir ini sering mengalami mati mendadak atau tiba-tiba padahal masih digunakan?. Memang sebagian besar orang yang mengalami masalah seperti ini, sangat bingung untuk mengatasinya dan sebagian solusinya membawa komputernya ke jasa service PC.

Namun kali ini anda dapat mencoba untuk memperbaiki komputer sendiri dengan beberapa identitas penyebabnya komputer sering mati ini. Langsung saja, berikut langkah-langkah cara mengatasi komputer mati tiba-tiba.

1. Komputer terlalu panas

Komputer terlalu panas (Overheat) akan mengalami mati/restart secara mendadak atau tiba-tiba. Masalah ini disebabkan oleh prosessor yang mengalami panas secara berlebihan atau overheat karena prosessor memiliki suhu yang maksimal yang sudah ditentukan. Salah satunya untuk cara mengatasi komputer mati tiba-tiba pada bagian ini dapat diberi pasta thermal yang dapat menetralkan suhu udara pada prosessor.

2. Kerusakan Hardware

Hardware memang selalu menetukan kinerja dari komputer. Jika komputer mengalami mati sendiri tanpa adanya perintah yang dilakukan oleh pengguna. Lakukan pemeriksaan terhadap Power Suply, Headsink, Memory, dan Motherboard. Pada bagian cara mengatasi komputer mati tiba-tiba ini yang umum sering terjadi.

Baca : Trik Cara Agar Kuota Internet Tidak Cepat Habis

3. Adanya Virus

Virus juga dapat menyebabkan komputer mati dengan sendirinya tanpa adanya perintah. Virus tersebut akan menyerang file-file utama dalam komputer seperti file System32. Jika terjadinya kerusakan di file-file tersebut yang mengakibatkan komputer mengalami kinerja yang tidak sesuai dengan spesifikasinya. Dan akan memungkinkan terjadinya kerusakan di Media penyimpanan terbesar yaitu hardisk. Bukan hanya itu, virus juga akan menyerang Operating System (OS) atau Sistem Operasi yang akan menjadi rusak.

Nah, itulah penyebab dan cara mengatasi komputer mati tiba-tiba atau mendadak. Jika terjadinya kerusakan pada hardware atau kelayakan hardware tidak mendukung lagi, seperti Motherboard yang mulai melemah mungkin anda harus mengganti komponen tersebut.