Cara Mempercepat Kinerja Android
Cara Mempercepat Kinerja Android

Cara Mempercepat Kinerja Android, Tips Bagi HP Lemot!

Cara Mempercepat Kinerja Android – Perangkat eletronik bila dipake terus menerus akan mengalami penurunan kinerja bahkan dapat mengalami kerusakan begitu juga dengan smartphone semakin lama kita memiliki smartphone maka kinerjanya pun semakin menurun jadi jangan kita salahkan provider / merek sebuah handphone tetapi salahkanlah yang menggunakannya sebenarnya kita dapat memelihara dan merawat smartphone kita agar kinerjanya selalu prima nah pertanyaannya bagaimana cara melakukannya ? Mempercepat Kinerja Android

Sebelumnya membahas artikel cara mempercepat kinerja Android kita bahas dulu mengenai Android. Android sejak awal kemunculannya menjadi primadona di seluruh dunia bahkan hampir semua orang ingin memiliki smartphone dengan sistem operasi android. tidak heran banyak kelebihan yang kita dapatkan dari sistem operasi tersebut karena banyaknya kelebihan pasti akan mempunyai kekurangan. Nah kekurangan dari sistem operasi ini yaitu “lemot” jika kita tidak pandai merawat smartphone android.

Cara mempercepat kinerja Android sebenarnya sangat mudah kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk melakukan perawatan. kita hanya perlu melakukan hal berikut ini. Berikut tips mempercepat performa Android mari kita simak :

1. Pertama Uninstall aplikasi yang ” tidak penting “

sebenarnya langkah yang sangat penting jika ingin mempercepat kinerja android yaitu dengan melakukan penghapusan aplikasi android yang tidak penting begini setiap aplikasi yang kita install maka akan menambah ruang di memory internal bahkan menambah kinerja RAM yang akan membuat RAM kamu selalu dalam keadaan full jadi jika kita tidak ingin android mengalami kinerja yang buruk hal yang harus dilakukan hapuslah aplikasi yang tidak penting gunakan aplikasi seperlunya saja.

Baca : Trik Cara Agar Kuota Internet Tidak Cepat Habis

2. Perbarui Sistem Android

Android sebenarnya sistem operasi yang open source dalam arti setiap seri yang di perkenalkan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan nah setiap serinya pasti akan mengalami perubahan dan menjadi lebih baik oleh karena itu kita harus Update OS. jangan dipaksakan untuk smartphone yang tidak support dengan Android versi yang besar karena kebanyakan smartphone tidak suport dengan versi yang lebih tinggi jadi kalau kira2 smartphone kamu dikategorykan sanggup saja baru mengupgrade ke Android versi berikutnya.

3. Kurangi Penggunaan Widget

Widget bukan hanya dapat menghabiskan kuota , penggunaaan widget yang berlebihan dapat memperlambat proses booting dan memperlambat jika ingin memasuki dekstop android kita. karena jika kita memasuki dekstop android maka sistem android akan bekerja untuk memproses widget agar dapat terlihat dan dapat digunakan di widget jadi butuh waktu lama jika penggunaan widget terlalu banyak di dekstop nah untuk itu widget yang berlebihan sebaiknya harus dikurangi gunakanlah yang penting saja seperti aplikasi telepon , sms atau media sosial.

4. Kurangi Data di Memori internal

Semakin banyak data yang anda miliki di memory internal efeknya semakin lambat. Sebaiknya data video atau foto yang tidak terlalu penting backup saja di laptop atau harddisk external kamu karena jika terlalu banyak data di memori internal tidak baik untuk kinerja android.

5. Gunakan aplikasi Tambahan

Aplikasi tambahan dapat membantu mempercepat kinerja dengan menekan penggunaan RAM dan menghapus chace data yang dimiliki android. kamu bisa menggunakan aplikasi tambahan semisal advance task killer , Clean Master atau DU Speed Boster tetapi tentu saja penggunaan aplikasi tersebut akan memakan RAM yang lumayan besar sebaiknya hindari jika tidak diperlukan.

Baca : Cara Mengubah Jaringan Edge Menjadi 3G Pada Android

6. Reset Smartphone

Langkah terakhir ini cukup mutakhir bila digunakan jika Android sudah terlalu parah lag-nya dan sulit untuk diakses sebaiknya lakukan reset smartphone kembali seperti pertama di beli. dengan begitu aplikasi dan chache serta virus dapat hilang dan membuat smartphone anda kembali menjadi lebih ringan.

Demikianlah informasi mengenai cara mempercepat kinerja Android mudah-mudahan dapat membantu masalah anda mengenai smartphone yang lelet selamat mencoba.