Cara Memperbaiki Komputer yang Restart Tiba-Tiba
Cara Memperbaiki Komputer yang Restart Tiba-Tiba

Cara Memperbaiki Komputer Restart Tiba-tiba

Cara Memperbaiki Komputer yang Restart Tiba-Tiba
Cara Memperbaiki Komputer Restart Tiba-Tiba

Cara Memperbaiki Komputer Restart Tiba-Tiba – Apakah komputer atau laptop anda sering restart tiba-tiba? Padahal kita masih menggunakan komputer itu namun entah mengapa restart sendiri. Masalah komputer yang sering mengalami restart ataupun mati mendadak atau tiba-tiba tanpa adanya perintah dari pengguna. Masalah ini bisa dikaitkan antara perangkat keras ataupun pada perangkat lunak yang ada pada komputer tersebut.

Dalam kondisi seperti ini, ada baiknya kamu untuk memperbaiki secara mandiri terlebuh dahulu. Sebab, ada beberapa kemungkinan penyebab terjadinya komputer restart sendiri dan hal tersebut bisa anda atasi dengan sendiri. Berikut beberapa poin yang kami jabarkan dibawah ini mengenai cara mengatasi komputer restart mendadak.

Masalah yang terjadi pada Hardware:

Perangkat ini bisa di katakan sumber dari semua penyebab terjadinya mati/restart –nya komputer. Namun perlu diperhatikan media-media perangkat mana yang menjadi penyebabnya. Berikut ini merupakan media penyebab masalah tersebut :

  • Prosessor
  • Heatsink (Fun)
  • Power Supply
  • Motherboard

Sedangkan masalah yang terjadi pada Software:

  • Operating System (Os)

Berikut cara memperbaiki komputer restart tiba-tiba :

Anda jangan tergesah-gesah mendiagnosa semua permasalah seperti yang saya bilang di atas anda cukup memeriksa satu per satu Media yang seperti saya bilang sebelumnya. Ada baiknya anda mencoba pertama kali di bagian :

Prosessor

Pada bagian ini, prosessor bisa saja kemungkinan mengalami overheat atau mengalami kepanasan yang berlebihan, salah satunya untuk cara memperbaiki komputer restart tiba-tiba pada bagian ini dapat diberi pasta thermal yang dapat menetralkan suhu udara pada prosessor.

Heatsink

Di sini saya menyarankan untuk meriksa Heatsink-nya atau kipas yang untuk melindungi prosessor. Karena kalau kipas tersebut tidak berjalan dengan baik maka prosessor dapat mengalami panas yang berlebihan, sehingga akan komputer mengalami restart. Jika kipasnya sudah tidak bagus lagi, maka anda ganti kipas tersebut.

Power Supply

Jangan anda mengangap remeh dengan media perangkat ini. Media perangkat ini akan mendukung seluruh aktifitas tegangan listrik dari PLN ke komputer anda. Perlu di perhatikan komputer memiliki ukuran tegangan yang di terimanya. Oleh sebab itu jika Power supply tidak sesuai dengan permintaan tegangan yang akan di terima ole komputer. Maka komputer secara langsung merespond akan dapat mengganggu aktifitas dari komputer anda dalam hal ini seperti komputer akan merestart atau komputer tidak dapat hidup sama sekali.

Baca: Inilah Perbedaan Jaringan 3G Dengan 4G LTE yang Perlu Diketahui

Operating System

Nah, pasti anda bertanya, bukan. Mengapa bukan Motherboard terlebih dahulu yang di jelaskan ?. Saya akan menjawabnya, Saya menyarankan anda untuk memastikan juga kondisi Operating System (OS) anda. Dimana OS juga dapat berpengaruh terhadap komputer yang sering mengalami restart atau mati secara mendadak. Dalam hal ini yang saya maksudkan, OS anda apakah terbebas dari Virus?.

Motherboard

Nah, jika semua media perangkat yang sudah saya kasih tau sebelumnya sudah anda coba atau sudah anda ganti baru, tetapi tidak dapat bekerja termaksu OS sekalipun yang sudah anda install ulang. Nah, langkah terakhir kita menuju Motherboard. Dimana Motherboard yang sudah kondisinya lemah atau sudah tidak dapat berjalan dengan baik. Maka anda harus mengganti Motherboard tersebut.

Nah itulah beberapa cara memperbaiki komputer restart tiba-tiba atau komputer anda mati mendadak. Semoga dapat membantu anda, semoga bermanfaat.